CASA 212 Skadron Walet tabur benih tanaman ke tiga gunung di Malang Raya

CASA 212Penalnud Abd
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu unit pesawat CASA 212 dari Skadron Udara 4,  Wing Udara 2, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang melaksanakan penebaran benih tanaman keras dari udara (aeroseeding) ke tiga gunung di kawasan Malang Raya, Jawa Timur pada Kamis, 12 November 2020.

Penerbangan ini dilaksanakan guna mendukung kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Wayan Superman di Ruang Briefing Skadron Udara 4 menyatakan, kegiatan penyebaran benih tanaman melalui udara merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh pesawat C212 Skadron Udara 4.

Diharapkan, kegiatan aeroseeding dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam upaya memelihara kelestarian alam.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim Drs Sriyono, M.M., M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan TNI AU dan Lanud Abdulrachman Saleh yang membantu dalam kegiatan aeroseeding di sekitar Gunung Arjuno, Gunung Kawi, dan Gunung Panderman ini.

CASA 212Penlanud Abd

Komandan Skadron Udara 4 Letkol Pnb M. Arif dalam paparannya menyatakan, penerbangan dilaksanakan dalam dua sorti dengan membawa sekitar 1.400 kilogram bibit tanaman trembesi, sengon buto, dan benih campuran. Benih-benih ini ditaburkan ke lahan hutan seluas 1.000 hektar.

Penerbangan pesawat C212 dari “Skadron Walet” yang dipimpin oleh Letkol Pnb M Arif dan Mayor Pnb Susilo ini berlangsung dengan aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Wing Udara 2 Kolonel Pnb Reza Sastranegara, Staf BPBD Jatim Ir. Bagyo Seyono, Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, perwakilan Perhutani Malang, perwakilan Tahura Malang, dan staf dari Lanud Abdulrachman Saleh.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *