Rosoboronexport luncurkan kendaraan tempur amfibi Boomerang versi ekspor

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rosoboronexport JSC (bagian dari Rostec State Corporation) telah meluncurkan paltform kendaraan tempur terbaru Boomerang 8X8 versi ekspor. Kendaraan ini dibuat oleh Military Industrial Company (VPK).

Boomerang dirancang untuk digunakan menghadapi peperangan modern. Rosoboronexport mengatakan, sejumlah negara dari kawasan Afrika, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan negara-negara CIS telah menunjukkan minat yang tinggi terhadap kendaraan tempur ini.

“Kami memperkirakan ekspor platform kendaraan tempur ini dalam waktu dekat sekitar 1 miliar dolar AS,” kata Alexander Mikheev, Direktur Jenderal Rosoboronexport seperti Airspace Review kutip dari siaran pers Rosoboronexport (23/4).

Kendaraan tempur amfibi Boomerang 8X8 dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai misi tempur saat terjadi perang maupun tugas-tugas di masa damai.

Boomerang dapat digunakan untuk memukul mundur agresi musuh, mempertahankan perbatasan negara, memerangi kelimpok-kelompok teroris, dan juga membantu penduduk saat terjadi bencana alam maupun musibah.

Ruang pengemudi Boomerang 8X8 berada di bagian depan sebelah kiri. Sementara ruang mesin berada di bagian depan sebelah kanan.

Ruang di bagian tengah kendaraan digunakan untuk ruang pertempuran. Sementara ruang bagian belakang digunakan untuk mengangkut pasukan dengan kapasitas 11 orang.

Prajurit tempur masuk dan keluar melalui pintu di bagian atap kendaraan dan juga pintu luar bagian belakang (ramp door).

Untuk pertahanan diri, Boomerang 8X8 dilengkapi kanon otomatis kaliber 30 mm, senapan mesin koaksial kaliber 7,62 mm, dan peluncur granat otomatis kaliber 30 mm.

VPK-Boomerang
VPK

Selain itu ada juga dua peluncur rudal antitank berpemandu (ATGM) masing-masing dua unit serta senapan mesin berat Kord kaliber 12,7 mm untuk Boomerang versi APC.

Untuk mengendalikan senjata dan melakukan tembakan, terdapat sistem kontrol tembakan digital modern, mencakup stabilisator senjata, sistem penglihatan elektro-optik multi saluran dengan laser rangefinder, serta ruang kerja penembak dan komandan yang dilengkapi komputer balistik terintegrasi.

Untuk mendukung kelincahan geraknya, digunakan mesin diesel 750 hp dengan penggunaan bahan bakar yang hemat.

Kendaraan dengan sistem penggerak delapan roda dan suspensi independen ini mampu melaju di jalan raya dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam. Untuk jarak jelajah mencapai 800 km. Kendaraan juga dilengkapi winch dengan kekuatan beban tarik mencapai 10 ton.

Untuk pergerakan di air, Boomerang 8X8 dapat berenang dengan kecepatan 10 km/jam dan mampu bertahan selama 12 jam.

Perlindungan untuk platform tempur kendaraan ini menggunakan lapisan baja ERA, istem pelindung aktif, tabir asap, dan sistem lainnya.

Bagian lambung kendaraan juga dilengkapi sistem perlindungan terhadap tembakan peluru maupun ledakan ranjau.

Boomerang 8X8 masih dapat meninggalkan tempat yang berbahaya walau seluruh bannya tertembak peluru.

Roni Sontani

One Reply to “Rosoboronexport luncurkan kendaraan tempur amfibi Boomerang versi ekspor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *