Drone Elektrik Mini WanderB Buatan BlueBird Tampil Perdana di Expodefensa 2019

WanderB UASJane's

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pembuat drone asal Israel, BlueBird Aero Systems, memamerkan drone elektrik berukuran mini WanderB di ajang Expodefensa 2019 di Bogota, Kolombia pada 2-4 Desember.

Ini adalah penampilan perdana bagi WanderB di depan publik. WanderB merupakan drone yang dikendalikan sepenuhnya secara otonomus. Pesawat tak berawak ini mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal atau VTOL (vertical take-off-and-landing).

Seperti diberitakan Jane’s, WanderB dapat digunakan untuk operasi intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR) lintas pegunungan. Baik pada siang maupun malam hari.

Drone ini dapat dioperasikan hingga jarak 50 km selama 2,5 jam endurans terbangnya.

Beragam perlengkapan dapat dibawa WanderB yang berbobot maksimal terbang (MTOW) seberat 13 kg ini. Seperti kamera, radar, dan laser. Kapasitas muatan mencapai 1,5 kg. Sementara untuk bobot baterai mencapai 5,5 kg.

WanderB UAV
Pinterest

WanderB berukuran panjang 1,79 m dengan rentang sayap 3,1 m. Drone ini dapat terbang pada kecepatan 32-65 knot (59-120 km/jam).

Pihak pabrikan mengatakan, meski WanderB baru tampil perdana di kawasan Amerika Latin, wahana ini sebenarnya telah dioperasikan di tempat lain.

WanderB
BlueBird

BlueBird Aero Systems membidik pasar Kolombia dan negara-negara di kawasan Amerika Latin untuk penjualan WanderB melalui pameran Expodefensa ini.

Di Kolombia, BlueBird telah mendirikan anak perusahaan bernama SkyBird.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *