Kapal Selam Projet 636.3 Petropavlovsk-Kamchatsky Beroperasi di Armada Pasifik Rusia

Project 636.3OCK

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal selam diesel elektrik Rusia, Project 636.3 (NATO: Improved Kilo II) dengan nama Petropavlovsk-Kamchatsky akan diresmikan di St. Petersburg, esok, Senin (25/11). Kapal ini merupakan yang pertama dari enam yang dipesan untuk Armada Pasifik Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, Petropavlovsk-Kamchatsky telah lulus melaksanakan uji pabrik dan uji negara di Laut Baltik sehingga kapal ini telah siap digunakan.

Sebelumnya Kepala Angkatan Laut Rusia Nikolai Yevmenov menyatakan, sejumlah kapal selam Rusia untuk Armada Pasifik akan dilengkapi dengan teknologi dan persenjataan modern.

Project 636.3 dibuat oleh Armiralty Shipyard (bagian dari United Shipbuilding Corporation). Galangan kapal ini sebelumnya telah membuat enam unit kapal selam yang sama untuk Armada Laut Hitam.

Sementara lima unit kapal berikutnya masih menjalani proses penuntasan konstruksi dan uji coba.

Selain Armada Laut Hitam dan Armada Pasifik, Armada Baltik Rusia kemungkinan juga akan dilengkapi kapal selam dengan panjang 74 meter dan berbobot mati 3.900 ton ini.

Project 636.3
Yuri Belinskiy

Kapal selam Project 636.3 dapat menyelam hingga kedalaman 300 meter dan beroperasi rata-rata pada kedalaman 240 meter. Jarak jelajahnya mencapai 7.500 mil.

Dalam hal persenjataan, kapal selam ini dilengkapi dengan rudal jelajah Kalibr-PL yang diluncurkan dari tabung torpedo dalam posisi menyelam.

Kapal dengan tingkat kebisingan rendah ini dapat melaju hingga kecepatan 20 knot. Project 636.3 dapat menampung 52 awak dan berlayar selama 45 hari tanpa bekal ulang.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *