Airbus Helicopters Kembangkan Layar Asap untuk Insersi Pasukan dari H145M

H145MIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus Helicopters sedang mengembangkan pemakaian layar asap (smoke screen) untuk digunakan saat insersi pasukan dari helikopter H145M dalam keadaan heli hovering (terbang diam).

Sebagaimana diketahui, H145M yang menjadi andalan Airbus Helicopters di kelas heli ringan militer, sudah digunakan oleh beberapa pasukan khusus angkatan udara demi mendukung pelaksanaan misi khusus.

Mengutip Jane’s yang mengikuti kegiatan Airbus Defence and Space Trade Media Briefing 2019 di Donauworth, Jerman disebutkan, sistem tirai/layar asap merupakan yang pertama diaplikasikan pada helikopter.

H145M
Via X

Berdasarkan pengujian di darat yang telah dilakukan pada kendaraan darat, kata Manager Senior Program H145M Mark Henning, didapatkan hasil yang positif.

“Kami akan mengembangkan penggunaan sistem pengaburan cepat ini di udara, agar H145M tidak terlihat musuh saat melaksanakan misinya. Insersi pasukan dilakukan saat heli hover pada ketinggian 20 meter di atas permukaan tanah,” ujar dia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *