Kapal Fregat AL Thailand Akan Dilengkapi Camcopter S-100 VTOL

Camcopter S-100Schiebel

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal fregat Angkatan Laut Kerajaan Thailand (Royal Thai Navy – RTN) akan dilengkapi dengan drone Camcopter S-100 Vertical Take-Off Landing (VTOL) buatan Schiebel, Austria.

Drone Camcopter S-100 dipilih Thailand setelah mengalahkan kompetitor lain yang digelar melalui tender.

Sementara bagi Schiebel, kemenangan ini merupakan kemenangan yang pertama dengan RTN.

Penandatanganan kontrak telah dilakukan oleh CEO Schiebel Hannes Hecher dan Direktur Jenderal Kantor Pengadaan Angkatan Laut Admiral Prachachart Sirisawat di Markas RTN, Bangkok. Penandatanganan disaksikan oleh Panglima RTN.

Camcopter S-100
Schiebel

Dijadwalkan, drone sayap putar ini akan mulai melengkapi RTN tahun depan. Drone akan ditempatkan di Distrik Pakphanang, Provinsi Nakhon Si Thammarat.

Camcopter S-100 akan digunakan RTN di kapal fregat guna menjalankan peran intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR).

Diberitakan Defense World, dalam pengadaan wahana ini Schiebel menggandeng industri lokal Mora Thai Defence Company Limited di Bangkok.

Camcopter S-100
Schiebel

Camcopter S-100 mampu terbang sejauh 200 km di atas permukaan darat maupun lautan hingga ketinggian 5.500 m (18.000 kaki). Wahana berbahan karbon fiber dan titanium ini mampu membawa muatan seberat 34 kg dan terbang selama 10 jam.

Citra berkualitas tinggi hasil tangkapan kamera yang melengkapinya mampu dikirimkan oleh Camcopter S-100 ke stasiun kendali secara langsung (real time).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *