Sishanud Terbaru Tor-M2 Masuk Jajaran Resimen Rudal Antipesawat Laut Hitam

TOR-M2MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sistem pertahanan udara (sishanud) jarak dekat Tor-M2 resmi masuk jajaran Resimen Rudal Antipesawat Laut Hitam Rusia. Sebelumnya, uji coba akhir penembakan langsung alat penggebuk sasaran udara ini telah dilaksanakan di wilayah latihan tempur darat Astrakhan Region.

Demikian juga dengan pelatihan para awaknya, telah dilaksanakan di pusat latihan tempur darat di Yeysk. Sementara uji peluncuran rudal pertama dilaksanakan di Kapustin Yar.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, para awak Tor-M2 berhasil menggasak target kecepatan tinggi tipe “Saman”. Target diluncurkan dari berbagai arah dengan ketinggian terendah dan tertinggi.

Total sebanyak 20 sistem dan 200 personel dikerahkan dalam latihan tersebut.

TOR-M2
Sputniknews

Tor-M2 merupakan versi upgraded dari Tor-M1. Sishanud anyar buatan Almaz-Antey ini diperkenalkan pertama kali dalam penyelenggaraan pameran kedirgantaraan MAKS-2017 di Bandara Zhukovksy.

Varian TOR-M2 yang serba digital memiliki cakupan radar dan kendali penembakan lebih baik dibanding pendahulunya. Sistem dapat meluncurkan empat rudal sekaligus dalam satu waktu.

Selain menggunakan basis kendaraan roda rantai, TOR-M2 juga ditawarkan dengan basis kendaraan roda ban.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *