Bundeswehr Terima Tank Leopard Generasi Termodern

Leopard 2A7V

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Jerman (Bunderswehr) menerima tank tempur utama (MBT) terbaru Leopard 2A7V. Tank paling modern ini merupakan generasi ketujuh Leopard 2.

Untuk diketahui, kode A7 berarti generasi ketujuh, sementara V menandakan versi modern/telah diperbaiki.

Dibuat oleh Krauss-Maffei Wegmann (KMW) di Munich, Leopard 2A7V pesanan Bundeswehr diklaim sebagai tank paling canggih di jajaran NATO. Prototipe tank ini muncul pertama kali di pameran Eurosatory 2016 di Paris dan mulai dijajal oleh Bundeswehr pada Juli 2017.

Selanjutnya, KMW menerima pesanan 104 unit Leopard 2A7V dari Kementerian Pertahanan Jerman untuk Bundeswehr senilai 760 juta euro.

Leopard 2A7V
Pinterest

Sejatinya, Leopard 2A7V bukanlah tank baru. Sejumlah varian Leopard 2A4, 2A6, dan 2A7 milik Bundeswehr akan di-upgrade menjadi varian 2A7V. Meski demikian, pekerjaan yang cukup besar dilakukan dalam proses upgrade ini.

Diberitakan DR24 tank hasil peningkatan kemampuan ini akan dioperasikan seluruhnya pada 2023.

Leopard 2A7
Reddit

Di antara fitur yang dimiliki ‘Sang Macan Tutul’ terbaru adalah sistem proteksi kulit keramik komposit pada lambung dan kubahnya. Ada pula sistem penurun emisi panas berupa jejaring kamuflase Barracuda mobile camouflage system (MCS) buatan Saab, Swedia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *