6 Rudal Balistik Antikapal Diluncurkan China ke Kawasan LCS

DF-26Istimewa

AIRSPACE-REVIEW.com – China diberitakan telah menluncurkan enam buah rudal balistik antikapal (Anti-Ship Ballistic Missile/ASBM) ke kawasan Laut China Selatan (LCS).

Laporan yang dibuat oleh CNBC dan dikonfirmasi Pentagon ini menegaskan bahwa China terus meningkatkan kekuatan militernya di kawasan sarat sengketa.

Pada saat bersamaan, kapal-kapal perang Amerika Serikat (AS) sedang melaksanakan pelayaran di kawasan LCS. Namun disebutkan, uji coba peluncuran rudal yang dilaksanakan oleh Pasukan Roket Angkatan Bersenjata China itu berada jauh dari posisi kapal-kapal perang AS.

Laman berbahasa Perancis, Eastpendulum.com (8/7) menulis, peluncuran rudal-rudal ASBM China dilaksanakan mengarah kepada dua lokasi berbeda. Tidak disebutkan nama ASBM yang digunakan Negeri Tirai Bambu.

Sementara itu maritime-executive.com (2/7) menulis, China pada Januari lalu telah menguji rudal balistik antikapal DF-26 dari sebuah lokasi gurun di barat laut China.

Rudal DF-26 mampu menghancurkan target di LCS dari lokasi peluncuran di darat dengan jarak 1.864 – 3.400 mil (3.000 – 5.471 km).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *