Selain Cilegon, 330 Warga Gunung Kencana Lebak Dapat Diklat Keterampilan Gratis dari STPI Curug

STPISTPI

ANGKASAREVIEW.COM – Sebanyak 330 warga masyarakat Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten mendapat pendidikan dan latihan keterampilan gratis dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug.

Kegiatan merupakan rangkaian dari pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di seluruh Indonesia.

Dipilihnya Lebak oleh STPI, karena wilayah ini masih mempunyai keterbatasan akses terhadap lapangan pekerjaan akibat minimnya keterampilan/keahlian masyarakat setempat.

Dengan dilaksanakannya diklat ini diharapkan tumbuh kemandirian di kalangan masyarakat setempat setelah mendapatkan pengetahuan dan pelatihan keterampilan.

Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahuan akan pentingnya kesadaran untuk turut menjaga fasilitas dan objek vital pemerintah di lingkungan bandara.

STPISTPI

Jenis diklat yang dilaksanakan oleh STPI di Lebak kali ini meliputi tiga macam. Yaitu, Pelatihan Teknik Las Listrik Lingkungan Bandara (230 peserta), Pelatihan Teknik Instalasi Listrik Lingkungan Bandara (90 peserta), dan Pelatihan Teknik Perawatan AC Lingkungan Bandara (60 orang).

Diklat dilaksanakan selama delapan hari mulai 24 Januari hingga 1 Februari 2019 dan dibuka oleh Wakil Ketua III Bidang Ketarunaan STPI Curug RB Budi Kartika, Kamis (24/1/2019).

STPISTPI

Selain materi praktik, dalam diklat ini juga diberikan materi-materi pelajaran seperti Bela Negara, Wawasan Nusantara, Keselamatan Penerbangan, dan Kebandarudaraan, hingga Kewirausahaan.

Ketua STPI Curug Capt. Novianto Widadi mengatakan, pembelian diklat gratis kepada masyarakat merupakan program pemerintah guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat sehingga membantu mereka masuk ke dunia kerja atau menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri.

“Dengan cara ini kita membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cara membekali mereka dengan pengetahuan dan skill,” ujar Widadi.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *