TA-20 Mengudara, Pesawat Latih Dasar China Berteknologi Mutakhir

ChinaWu Jie

ANGKASAREVIEW.COM – China terus melaju dengan produk-produk aviasi termutakhir. Kali ini pesawat latih turboprop TA-20 dilaporkan telah mengudara pada 6 November lalu di Provinsi Jiangsu.

TA-20 memang bukan buatan asli China. Pesawat ini merupakan produk lisensi dari Diamond DART-450 yang dikembangkan oleh pabrik Diamond Aircraft, Austria.

DART merupakan kependekan dari Diamond Aircraft Reconnaissance Trainer. Di pabrik asalnya, pesawat ini mengudara perdana pada 17 Mei 2016.

Meski bukan murni buatan China, Negeri Tirai Bambu telah menyiapkan avionik-avionik modern buatan dalam negeri yang kemudian diintegrasikan pada pesawat latih bermesin tunggal ini.

Chengdu Hermes Technolgoy Company Ltd, misalnya, telah membuat sistem Smart-210 sebagai pengganti Garmin G3000 di pesawat aslinya.

Kokpit TA-20 dilengkapi satu layar sentuh lebar, menyesuaikan dengan penggunaan kokpit model ini pada jet tempur generasi kelima.

TA-20Chengdu Hermes

Demikian juga dengan gagang kemudi samping (side-stick) yang mirip dengan perangkat serupa di jet tempur siluman China, J-20. TA-20 disiapkan China sebagai pesawat latih dasar bagi pilot-pilot jet tempur generasi kelima. Pesawat berkursi tandem (depan-belakang) ini dilengkapi kursi lontar pneumatik.

China terus mengejar pengembangan pesawat latih termasuk jet latih JL-9 maupun L-15 (JL-10) demi menyiapkan pilot-pilot jet tempur masa depan mereka.

TA-20

Diberitakan Jane’s mengutip media pemerintah China, TA-20 berbahan karbon fiber dikembangkan oleh perusahaan patungan antara China Electronics Technology Corporation (CETC) dengan Pemerintah Kota Wuhu yang telah bekerja sama dengan Diamond Aircraft Manufacturing Company.

TA-20 ini dapat melaju pada kecepatan maksimal 230 knot dan terbang hingga ketinggian 23.000 kaki (7.010 m). Sementara lama terbang mencapai empat jam.

Roni Sontani

One Reply to “TA-20 Mengudara, Pesawat Latih Dasar China Berteknologi Mutakhir”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *