Korps Marinir AS Terima Helikopter Angkut Berat CH-53K King Stallion

CH-53KUSMC

ANGKASAREVIEW.COM – Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) menerima helikopter angkut berat CH-53K King Stallion. Penerimaan unit pertama heli ini dilaksanakan di Stasiun Udara New River, North Carolina pada Rabu, 16 Mei.

USMC menerangkan, CH-53K tidak akan langsung digunakan untuk misi latihan maupun operasi hingga akhir 2019. Heli ini dikirimkan oleh Sikorsky (Lockheed Martin) guna menjalani berbagai pengujian lebih lanjut oleh Korps Marinir serta penilaian terkait pemeliharaan, suku cadang, dan dukungan penerbangan secara keseluruhan.

Secara kasat mata dari luar, tak banyak perbedaan terlihat pada CH-53K King Stallion dengan CH-53E Super Stallion yang menjadi basis pengembangan heli ini. Perbedaan utama terletak pada kokpit digital CH-53K, kabin yang lebih luas guna menampung muatan, serta penggunaan mesin baru General Electric GE38-1B turboshaft.

Pada sistem kendali terbang, CH-53K juga telah dilengkapi sistem fly-by-wire. Keseluruhan perangkat sistem baru ini dapat menurunkan beban kerja pilot.

Secara umum, performa CH-53K meningkat dua kali lipat dibanding pendahulunya. USMC mencanangkan pengadaan 200 CH-53K guna menggantikan peran 150-an heli lama CH-53E.

King Stallion diawaki oleh lima awak, terdiri dari dua pilot dan tiga awak pendukung. Heli dapat membawa 37 personel pasukan atau 55 personel dengan konfigurasi kursi tengah memanjang terpasang.

CH-53K memiliki bobot terbang maksimal (MTOW) 38.400 kg dengan kapasitas beban muatan 15.900 kg. Heli ini dapat terbang dengan kecepatan maksimum 230 mil per jam (370 km/jam) dan menjelajah jarak sejauh 460 mil laut (852 km).

April lalu CH-53K tampil di hadapan publik pada penyelenggaraan pameran udara ILA Berlin. Dijadwalkan, awal tahun depan satu unit CH-53K akan dikirimkan menyusul kepada USMC.

RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *