Diterima Gubernur Jabar, STPI Serahkan 48 Personel Avsec untuk Bandara Kertajati

STPI

ANGKASAREVIEW.COM – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menerima sekaligus menutup Diklat 48 personel Aviation Security (Avsec) yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug.

Penutupan diklat dilaksanakan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (30/12/2017).

Gubernur Jawa Barat menyatakan, Diklat Avsec merupakan salah satu bentuk komitmen pemberdayaan masyarakat terdampak pembangunan BIJB.

“Kita berkomitmen untuk mendayagunakan masyarakat lokal terdekat dengan bandara. Alhamdulillah putra-putri terbaik Jawa Barat, yang mengikuti pendidikan ini, kebanyakannya berasal dari Kabupaten Majalengka,” ungkap Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher ini.

Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, M.M menjelaskan, diklat yang diselenggarakan oleh STPI ini memang dikhususkan bagi masyarakat terdampak BIJB agar nanti dapat bekerja di bandara baru tersebut.

STPI

“Kami ditunjuk PT. BIJB untuk mendidik. Perekrutan dilakukan oleh PT. BIJB bekerja sama dengan Disnakertrans Kabupaten Majalengka,” ungkap Novyanto.

Ditambahkan, pihaknya juga mendidik masyarakat sekitar BIJB untuk penanganan kargo. “Pada bulan April lalu, telah dilaksanakan pelatihan Basic Cargo kepada 25 orang masyarakat terdampak BIJB,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Novy, STPI bekerja sama dengan PT. BIJB melakukan perekrutan lulusan STPI untuk berkarier di perusahaan tersebut terkait rencana operasional BIJB Kertajati nantinya.

“Tanggal 7 dan 8 Desember lalu PT. BIJB sudah melakukan seleksi kepada 111 orang lulusan dari STPI. Pengumumannya Januari nanti. Mereka berkesempatan berkarier di BIJB,” jelas Novy.

STPI

Dalam perekrutan tersebut dilaksanakan seleksti untuk tujuh kompetensi, yaitu Teknik Bangunan dan Landasan, Listrik dan Mekanikal, Apron Movement Control (AMC), Reporting Information, Elektronika Bandara, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan-Pemadam Kebakara (PKPPK), dan Avsec.

STPI merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI.

Sekretaris BPSDM Perhubungan M. Yugihartiman mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung kerja sama STPI dengan PT. BIJB guna menyiapkan masyarakat sekitar bandara agar dapat berkiprah di bandara tersebut.

STPI

“Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi selalu mengarahkan agar kita memperkuat kerja sama dengan pihak operator atau industri, khususnya untuk pemberdayaan masyarakat,” jelas Yugi.

Ditambahkan, BPSDMP akan terus mendorong STPI untuk memenuhi kebutuhan personel BIJB.

“Dari total kebutuhan 308 personel berkompetensi, yang sudah itu 25 Basic Cargo dan 48 Avsec, dan kita minta STPI dukung terus sampai terpenuhi,” pungkas Yugi. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *