Penumpang Kereta Bandara Siap Didukung 15 Bus Feeder BPTJ

Kereta BandaraBKIPKemenhub

ANGKASAREVIEW.COM – Tak kurang dari 15 bus siap beroperasi sebagai feeder untuk mendukung beroperasinya kereta bandara yang sudah mulai beroperasi Selasa (26/12/2017) kemarin. Feeder yang direncanakan beroperasi mulai 28 Desember 2017 ini disiapkan untuk 3 trayek, yakni dari jalan Gatot Subroto, Pasifik Place dan Stasiun Gambir.

Trayek feeder ini disiapkan untuk mendukung beroprasinya Kereta Badara yang setiap harinya dijadwalkan melakukan 42 perjalanan pp dengan headway per 60 menit.

Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, dengan banyaknya perjalanan kereta bandara tersebut, maka perlu segera disiapkan feeder pendukung yang mengantarkan calon penumpang menuju kereta bandara.

“Bila per hari ada ada 42 perjalanan mengangkut sekitar 11.304 orang yang akan menggunakan kereta bandara, tentu ini perlu dipikirkan bagaimana para calon penumpang tersebut dari tempat asalnya menuju ke Stasiun Sudirman Baru dan sebaliknya,” tutur Bambang saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan PT Railink, lanjut Bambang, kami meminta dukungan PT. Transjakarta untuk menyediakan feeder dari dan ke Stasiun Sudirman Baru.

Pada kesempatan yang sama Heru Kuswanto selaku Direktur Utama PT Railink mengatakan bahwa pihaknya menyambut dengan baik integrasi antara KA Bandara Soekarno- Hatta dengan Transjakarta ini sebagai wujud pemenuhan transportasi umum yang saling terkoneksi bagi masyarakat.

Menyambung yang dikemukakan Heru, Plt. Direktur Utama PT Transjakarta Wijanarko mengatakan bahwa sementara ini baru dua rute yang sudah disiapkan perusahaannya untuk mendukung beroperasinya kereta Bandara. Ia pun berharap akan segera bertambah rute-rute lain untuk memudahkan masyarakat menuju Stasiun Sudirman Baru.

Wijanarko menambahkan, meski fasilitas feeder ini premium, namun tarif yang digunakan akan tetap dengan harga regular, yakni sebesar Rp 3.500,-.

Untuk sementara ini, rute yang telah disiapkan oleh Transjakarta mulai dari Stasiun Sudirman Baru – Gambir (koridor 1) dengan rute Hotel Indonesia – Sarinah – Bank Indonesia – Patung Kuda – Stasiun Gambir – Istana – Monas trus kembali ke Bank Indonesia – Sarinah – Hotel Indonesia – keluar  jalur Blora – Stasiun Sudirman Baru.

Kedua, mulai dari Stasiun Sudirman Baru ke Menteng (koridor 9) dengan rute yang dilalui yaitu dari Stasiun Sudirman Baru – Putaran Hotel Indonesia – Tosari – Dukuh Atas – Karet – Semanggi masuk rute kor 9 sampai Kuningan – Menteng – Hotel Indonesia lalu masuk blora dan stasiun terakhir Stasiun Sudirman. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *