Airbus Corporate Jet ACJ320neo Pertama Diterima Acropolis Aviation

ACJ320neoAirbus

ANGKASAREVIEW.COMĀ – Pesawat Jet Korporat Airbus ACJ320neo produksi pertama telah diserahterimakan kepada Acropolis Aviation oleh Airbus. Selanjutnya, pesawat yang masih berkelir ACJ ini diterbangkan menuju fasilitas AMAC Aerospace di Basel, Swiss untuk dilengkapi dengan interior kabin VVIP rancangan desainer Alberto Pinto. Pesawat juga akan dicat ulang sesuai corak Acropolis Aviation.

Presiden ACJ Benoit Defforge seperti dikutip dari laman Airbus mengatakan, penyerahan ACJ320neo menandai rangkaian peluncuran pesawat baru keluarga ACJ buatan Airbus. Pencapaian ini, ujarnya, merupakan prestasi tersendiri.

Airbus meluncurkan program keluarga pesawat neo (new engine option) pada 2010. Selain menggunakan mesin baru (Pratt & Whitney PW1000G atau CFM Leap-1A), A320neo juga dilengkapi dengan sharkletdi ujung sayapnya.

Keluarga A320neo berhasil mendapatkan sertifikasi FAA/EASA pada akhir 2015. Airbus telah mengirimkan sekira 600 unit pesawat ini.

Sementara untuk ACJ320neo, pesawat ini mengudara perdana pada November tahun lalu. ACJ320neo dipesan pertama kali oleh Acropolis Aviation, maskapai carter yang berbasis di Bandara Farnborough, Inggris.

Sebagai pesawat angkut VVIP, ACJ320neo dirancang berkapasitas 25 penumpang dan dapat menempuh jarak terbang sejauh 6.000 mil laut (11.100 km) atau terbang selama 13 jam nonstop.

Pesawat ini mampu menghubungkan London dengan Beijing atau Los Angeles dengan Moskow.

ACJAirbus

ACJneo menjawab kebutuhan para pebisnis dan kalangan elite akan pesawat jet dengan rancangan sangat mewah dan nyaman.

Hingga tahun lalu, Airbus telah mengantongi sembilan unit pesanan untuk keluarga ACJneo badan sempit. Terdiri dari enam ACJ320neo dan tiga ACJ319neo.

ACJ319 berkapasitas delapan orang dan mampu menempuh jarak 12.500 km (15 jam terbang nonstop).

Selain di kelas badan sempit, Airbus juga masih memiliki produk ACJ lainnya, seperti ACJ330neo, ACJ350 XWB, dan ACJ380-800 “Flying Palace” atau istana terbang.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *