Pesan Empat, A330 MRTT Pertama Korea Selatan Telah Mendarat di Busan

ROKAFAirbus

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara Korea Selatan (ROKAF) tengah bersiap melaksanakan uji penerimaan (acceptance test) pesawat tanker multiguna A330 MRTT pertama yang dipesan Negeri Ginseng. Pesawat telah mendarat di Pangkalan Udara Gimhae, Busan pada 12 November lalu.

Pesawat dengan registrasi ROKAF 001 itu diterbangkan dari Pusat Perakitan Akhir Airbus di Getafe, Spanyol oleh pilot gabungan Airbus dan ROKAF. Mereka terbang dengan sekali pemberhentian di Vancouver, Kanada.

Airbus di laman resminya memberitakan, tim Airbus akan berada di Busan menyertai proses uji terbang pesawat tersebut sampai diserahterimakan kepada ROKAF. Sebelum diserahterimakan, A330 MRTT akan diuji ulang oleh ROKAF baik di darat maupun di udara.

Baca: Singapura Pesan 6 Tanker A330 MRTT, Satu Unit Segera Tiba

Seperti diketahui, pemerintah Korea Selatan pada 30 Juni 2015 telah memesan empat unit tanker multiguna A330 MRTT guna mendukung kebutuhan angkatan udaranya. Keempat pesawat akan selesai dikirimkan tahun depan.

Sejumlah negara telah memesan dan menggunakan A330 MRTT/KC-30A, yakni Australia, Inggris, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Singapura.

Hingga saat ini sebanyak 57 A330 MRTT telah dipesan oleh 11 negara. Indonesia termasuk salah satu negara yang sedang mengincar pesawat ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *