Resmikan Balai Ekonomi Desa Tegalarum, AP II Dukung Geliat Ekonomi Pedesaan

angkasa pura iiAP II

ANGKASAREVIEW.COM – PT Angkasa Pura II (Persero)/AP II meresmikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tegalarum, yang berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ini merupakan komitmen AP II yang hadir untuk negeri melalui dukungan upaya peningkatan ekonomi di pedesaan.

Balai Ekonomi Desa merupakan program Kementerian BUMN yang diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat desa, khususnya di wilayah Kecamatan Borobudur.

Untuk mendukung target program pemerintah dalam mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak dua juta orang di Kawasan Borobudur dan sekitar wilayah Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang) pada 2019, AP II melalui unit Community Development Center turut berpartisipasi dalam program tersebut.

Balkondes Tegalarum berjarak 3km dari Candi Borobudur ini. Presiden Direktur AP II, Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa hadirnya Balkondes ini merupakan langkah awal bagi warga Desa Tegalarum untuk menunjukkan potensi-potensi lokal yang dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Program Balai Ekonomi Desa ini merupakan program Kementerian BUMN dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman yg ditargetkan mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019,” kata Awaluddin saat peresmian Balkondes Tegalarum, Sabtu (8/9/2018).

Secara umum, lanjutnya, Balkondes dibangun untuk meningkatkan pariwisata di wilayah magelang khususnya mengangkat kawasan wisata Candi Borobudur, serta langkah awal bagi warga Desa Tegalarum untuk unjuk gigi memperkenalkan potensi-potensi daerah.

“Kami berharap apa yg dikobtribusikan Angkasa Pura II bisa membawa kemajuan tidak hanya dari sisi ekonomi melalui pengembangan kegiatan UMKM tapi juga konsep berpikir untuk selalu menjadi daerah yang lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Kecamatan Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan, “Kehadiran Balkondes menjadi kebahagiaan masyarakat Tegalarum. Desa Tegalarum menjadi Balkondes ke-18 yang sudah diresmikan di Kecamatan borobudur.”

Menurutnya, seluruh desa di Kecamatan Borobudur semuanya merupakan desa wisata yang punya potensi unik di masing-masing daerah. Ia berharap, warga Tegalarum harus ikut berperan aktif dalam menghidupkan Balkondes.

Baca Juga:

Perluas Imperium, AP II Kelola Bandara Fatmawati Soekarno dan Bandara Radin Inten II

AP II Teken MoU dengan PTPN XII Untuk Kembangkan Potensi dan Kelola Bandara Notohadinegoro

Tema yang diusung dalam pembangunan Balkondes ini adalah “Saka Pitu”, yang merupakan falsafah hidup bagi manusia. Saka berarti tiang yang melambangkan pendirian teguh bagi masyarakat Jawa dalam menjalankan kehidupan. Sedangkan Pitu berarti tujuh yang mengandung makna tujuh tuntunan dan nasihat bagi masyarakat Jawa, yakni Pitutur, Pituwas, Pituhu, Pituduh, Pitungan, Pituna dan Pitulungan.

Kehadiran Balkondes Tegalarum diharapkan juga mampu turut andil dalam menyukseskan event International Council of Women (ICW) yang akan diselenggarakan pada pertengahan September 2018 di Jogjakarta. Event yang akan dihadiri 1.000 delegasi dari 70 negara ini rencananya juga akan singgah diseluruh Balkondes yang telah dibangun oleh perusahaan-perusahaan BUMN.

Dari 18 Balkondes yang telah terealisasi, terdapat 94 kamar yang mampu menampung 105 tamu. Sedangkan Balkondes Tegalarum dilengkapi dengan 17 kamar yang mampu menampung 34 tamu. Fasilitas-fasilitas penunjang yang terdapat di dalamnya antara lain, home stay kecil, home stay besar, shower, toilet disabilitas, toilet umum, dan fasilitas wi-fi.

Balkondes Tegal Arum diproyeksikan akan menjadi digital village heritage atau digital heritage homestay, yakni sebagai kompleks desa wisata yg memadukan teknologi digital dengan keunikan suasana pedesaan dalam berbagi kegiatan budaya, kesenian, UMKM, pendidikan dan agro wisata.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *