Jadi Operator Terbesar 737 MAX di Amerika Latin, Pesawat Perdana GOL Telah Tiba

ANGKASAREVIEW.COM – Dengan total pesanan sebanyak 135 unit, GOL, maskapai asal Brazil menjadi operator terbesar pesawat dari keluarga 737 MAX di kasawan Amerika Latin. Pesawat perdana mereka pada Rabu (29/8/2018) lalu telah dikirimkan Boeing ke Sao Paulo.

Pesanan tersebut merupakan bagian dari program strategis peremajaan armada GOL, yang pesanan terbaru mereka dilakukan saat Farnborough International Arishow 2018.

“Hari ini adalah hari yang menyenangkan untuk seluruh tim GOL, kami senang untuk menyambut 737 MAX 8. Kami dapat lebih meningkatkan efisiensi operasional kami dengan menerbangkan armada muda, modern dan aman. Sementara itu kami juga menurunkan biaya perjalanan udara dan memperluas jaringan ke destinasi internasional baru,” ungkap CEO GOL, Paulo Kokinoff saat seremoni penerimaan pesawat dari Boeing.

Selain menerima kiriman pesawat pertama tahun ini, GOL juga melakukan peningkatan produk dan layanan penerbangan mereka seperti menyediakan jaringan internet nirkabel. Maskapai ini sekarang sedang menyiapkan pesawat kedua mereka dengan fasilitas kabin yang sama.

Baca Juga:

Airbus Rencana Bangun Pabrik di Malaysia, Boeing Kini Masuk ke PTDI

Akhirnya Jatuh Hati, Virgin Australia Jadi Pelanggan Terbaru Produk 737 MAX 10

GOL mengkonfigurasikan armada MAX 8 mereka untuk mampu menampung hingga 186 penumpang.

MAX 8 memiliki beberapa keunggulan dibanding pesawat jenis lorong tunggal lainnya yang ada saat ini. Di antara keunggulan tersebut adalah, 737 MAX mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 15 persen dan dapat terbang lebih jauh dibandingkan dengan pesawat pendahulunya.

Dengan mengandalkan MAX, GOL merencanakan akan membuka layanan penerbangan reguler dari Brasilia dan Fortaleza menuju Miami dan Orlando. Selain itu, GOL juga merencanakan untuk menjamah penerbangan rute internasional baru lainnya ke Quito, Ibukota Ekuador.

Dari jumlah pesanan tersebut, 30 unit di antaranya adalah varian 737 MAX 10. Dengan armada tersebut, memungkinkan GOL untuk mengangkut lebih dari 30 penumpang tambahan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden Penjualan Komersil Boeing Company untuk Amerika Latin, Ricardo Carevo mengatakan, GOL merupakan pelopor dalam memperkenalkan pesawat dengan ongkos yang terjangkau ke Amerika Latin.

“Kami merasa terhormat memiliki mitra besar yang secara resmi bergabung dengan keluarga Boeing 737 MAX,” imbuhnya.

GOL juga menggunakan Boeing Global Services untuk meningkatkan efisiensi operasionalnya melalui produk dan layanan seperti Manajemen Kesehatan Pesawat Udara untuk armada 737 MAX, Maintenance Performance Toolbox dan alat EFPAC (Engine Fleet Planning and Costing).

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *