Sangat Superior di Pitch Black 2018, Dua Penempur TNI AU Jajal Terbangkan Rafale (Bagian 1)

rafaleRangga Baswara Sawiyya

ANGKASAREVIEW.COM – Sobat AR, dalam latihan Pitch Black 2018, ‘konon’ katanya jet tempur Rafale B milik Angkatan Udara (AU) Perancis sangat superior di sana. Dua hari seusai latihan tersebut, dua pilot tempur TNI AU pun berkesempatan menjajal langsung sang bintang Perang Libia dari langit Halim Perdanakusuma.

Dengan berakhirnya Pitch Black 2018, Kontingen AU Perancis (Armée de l’Air) menggelar Misi Pegasus 2018 untuk mengunjungi beberapa pangkalan udara negara sahabat yang ada di daratan Benua Asia. Misi ini berlangsung mulai 19 Agustus hingga 4 September 2018.

Indonesia menjadi lawatan perdana mereka sebelum melanjutkan ke Malaysia, Vietnam, Singapura dan India. Minggu (19/8/2018) pagi rombongan Kontingen AU Perancis tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Kawanan burung besi AU Perancis yang ikut serta terdiri dari satu unit pesawat angkut berat Airbus A400M Atlas dan tiga unit jet tempur Rafale varian B (tandem seat) pabrikan Dassault Aviation. Di Jakarta, Kontingen AU Perancis bermukim selama enam hari, hingga hari Jum’at (24/8/2018).

rafaleAirspace Review

Sobat AR, Dassault Rafale merupakan pesawat tempur multi fungsi bermesin ganda. Bentuk sayap delta yang dilengkapi canard (sayap kecil di bagian depan) sangat efektif untuk menghasilkan gaya angkat dan menambah kelincahan bermanuver.

Dilengkapi dengan segala jenis avionik dan persenjataan modern, menjadikan pesawat ini mampu melaksanakan supremasi udara (air supremacy), interdiksi atau pencegatan (interdiction), pengintaian udara (aerial reconnaissance), dukungan darat (ground support), serangan mendalam (in-depth strike), serangan antikapal (anti-ship strike), hingga misi pencegahan nuklir (nuclear deterrence mission).

Dengan segudang kemampuan jet tempur berpostur tubuh kecil ini, tidak berlebihan bila AU perancis menyandangkan gelar ‘omnirole fighter aircraft’ kepada Rafale. Tak heran bila pesawat berparas eksotis ini menjadi perhatian dalam laga Pitch Black.

Baca Juga:

Misi Pegasus 2018, Tiga Jet Tempur Rafale dan Satu A400M Akan Sambangi Jakarta

Mantap, Tiga Rafale B dan 1 A400M AU Perancis Telah Tiba Jakarta

Pitch Black 2018, merupakan latihan pertahanan udara internasional antara AU Australia (Royal Australian Air Force/RAAF) bersama beberapa pasukan regional, koalisi dan sekutu. Latihan tahun ini dihelat pada 27 Juli hingga 17 Agustus 2018 di dua pangkalan RAAF Darwin dan Tindal.

Tak kurang dari 4.000 personel dan 140 pesawat dari 12 negara terlibat dalam latihan kolosal ini. Negara-negara tersebut adalah Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Indonesia, Belanda, Selandia Baru, Singapura, Thailand, India, Malaysia dan Amerika Serikat (AS).

Bersambung..

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *