PK-LZI, Kiriman Armada Pesawat A320 ke-41 Batik Air dari Airbus

airbusBatik Air

ANGKASAREVIEW.COM – Batik Air secara resmi telah menerima pesawat baru tipe Airbus A320-200CEO yang langsung diterbangkan dari pabrikan Airbus di Toulouse, Perancis. Armada terbaru ini merupakan pesawat ke-41, dari total pesanan keluarga A320 sebanyak 234 unit pesawat.

Pesawat yang beregistrasi PK-LZI tersebut sudah tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Penerbangan memakan waktu tempuh sekitar 19 jam 20 menit dengan transit di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, United Arab Emirates dan Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Pesawat A320 akan melengkapi kekuatan armada yang saat ini dioperasikan oleh Batik Air, yakni 40 Airbus A320-200CEO, enam Boeing 737-900ER serta delapan Boeing 737-800NG.

“Kami sangat senang dengan menerima pesawat terbaru yang tiba sesuai jadwal. Kehadiran PK-LZI ini merupakan wujud komitmen dalam menyediakan pelayanan terbaik dan menambahkan tingkat kenyamanan pelanggan saat berada di pesawat (in-flight services),” kata CEO Batik Air Capt. Achmad Lutfie, Senin (16/7/2018).

Batik Air akan mendatangkan armada terbaru dengan mengoperasikan pesawat kategori lorong kabin tunggal (single aisle) yang disesuaikan perkembangan teknologi.

“Upaya ini selain memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, juga untuk meningkatkan kapasitas angkut penumpang dan barang, memperkuat layanan rute yang sudah ada serta mendukung rencana pengembangan jaringan perusahaan seperti pembukaan rute baru,” jelas Lutfie.

Baca Juga:

Rute Jakarta – Kinabalu, Batik Air Ingin Dongkrak Destinasi Ekowisata

Ketepatan Waktu Operasional Batik Air yang Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara

Menurut Lutfie, hadirnya pesawat baru ini diharapkan berdampak positif terhadap tingkat ketepatan waktu penerbangan (on time performance/OTP) per hari. Saat ini, Batik Air mencatatkan rata-rata OTP 88% – 90.3%.

Armada Batik Air akan terus mengalami revitalisasi atau peremajaan. “Keseriusan tersebut sejalan dengan upaya Batik Air dalam menyediakan pilihan perjalanan mengesankan bagi pelanggan untuk kebutuhan bisnis atau melancong. Kami menilai, pesawat baru mampu menambah tingkat kepercayaan, loyalitas serta kepuasan pelanggan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Executive VP sekaligus Customer Affairs Airbus di Asia, Jean-Francois Laval menyebutkan bahwa Airbus sangat senang keluarga pesawat A320 telah berperan penting dalam membantu Batik Air mengembangkan jaringan rute domestik dan internasionalnya.

“Kami juga turut merasa bangga atas kemitraan yang sangat kuat dengan Lion Air Group, dan kami berharap untuk dapat terus mendukung pertumbuhan maskapai ini di masa depan,” sambungnya.

A320 merupakan salah satu keluarga pesawat lorong tunggal yang menjadi bagian dari pilihan Batik Air dalam mengembangkan konsep full-service. Dengan pesawat ini, Batik Air telah menyesuaikan ukuran pesawat dengan permintaan pasar dan pelanggan, yang didasarkan jarak rute penerbangan, kepadatan penumpang, frekuensi terbang per hari serta operasional bandar udara.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *