Pantang Kendurkan Otot, Yonif Raider 509 Kostrad Gelar Lathar Raider

kostradPen Kostrad

ANGKASAREVIEW.COM – Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509/Balawara Yudha (BY) Kostrad gelar Latihan Pemeliharaan (Lathar) Raider yang diikuti oleh seluruh prajuritnya. Lathar multi materi ini dilaksanakan selama setengah bulan untuk memelihara kemampuan dan kualifikasi mereka.

Latihan yang dimulai pada 25 Mei dan akan berakhir 8 Juni 2018 mendatang ini terbagi dalam dua tahap. Pada fase pertama mereka menjalani latihan tahap basis selama tujuh hari (25-31 Mei) di Markas Yonif Raider 509/BY Kostrad.

Fase selanjutnya mereka akan menjalani latihan tahap gunung-hutan dan ralasuntai (Rawa Laut Sungai Pantai) selama delapan hari (1-8 Juni) yang digelar di Asem Bagus Kompleks, Situbondo.

Materi yang dilatihkan meliputi TPRAG, PKP (pancangan kaki pantai), renang taktis, eksfiltrasi dan infiltrasi, mobilisasi udara (mobud) dengan aksi fast rooping maupun rappelling, serta raid dengan skema penghancuran dan pembebasan tawanan.

Komandan Yonif Raider 509/BY Kostrad, Letnan Kolonel Inf La Ode Muhammad Nurdin sebagai Komandan Latihan (Danlat) menyampaikan mengatakan bahwa kualifikasi Raider yang dimiliki merupakan suatu tuntutan kemapuan yang diproyeksikan dalam menghadapi tugas dan ancaman factual. Lathar Arider ini digelar untuk menjaga kesiapan operasional satuan Yonif Raider 509/BY Kostrad.

Baca Juga:

Dengan Steyr SSG-69, Selusin Prajurit Kostrad Dilatih Menembak Runduk

Tingkatkan Profesionalisme, Prajurit Yonif Para Raider 503 Kostrad Jalani Latihan Uji Siap Tempur

“Latihan ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, walaupun berpuasa tetap laksanakan  latihan dengan semangat khususnya yang beragama muslim dan dalam setiap kesempatan selalu beribadah sesuai agama kepercayaan masing-masing,” ungkap La Ode, Rabu (30/5/2018).

Ia juga berpesan kepada para peserta untuk menjaga kesehatan mereka agar dapat menunjang latihan.

“Adakan umpan balik pelaku dengan pelatih untuk menyerap ilmu, jaga hubungan baik dengan masyarakat pada latihan yang bersentuhan dengan warga, serta ikuti dan laksanakan  latihan pemeliharaan Raider ini dengan penuh rasa tanggung jawab,’’ pesannya.

Yonif Raider 509/BY merupakan Satuan di jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad yang bermarkas di Jember. Lathar ini merupakan latihan khusus sesuai kualifikasi yang disandang batalyon ini. Dengan latihan ini, diharapkan ilmu (teknis dan taktis), ketahan/kekuatan fisik serta kekuatan mental yang dimiliki para prajurit satuan ini tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *