Korea Selatan Buka Tender Baru Pengadaan Helikopter Antikapal Selam

Leonardo

ANGKASAREVIEW.COM – Korea Selatan pada bulan Mei berencana membuka tender baru pengadaan 12 helikopter antikapal selam (ASW) untuk Angkatan Laut mereka (ROKN).

Administratur Program Pengadaan Pertahanan (DAPA) Korea Selatan telah mengalokasikan dana 780 juta dolar AS sebagai anggaran untuk pengadaan alutsista yang diinginkan dimiliki ROKN tahun 2022 tersebut.

Dalam tender tersebut pihak Korea Selatan nantinya akan menilai spesifikasi teknis hingga harga yang ditawarkan peserta tender.

Sumber militer ROKN sebagaimana dikutip DefenseNews menyebut, kandidat yang kemungkinan besar akan ikut dalam tender adalah AW159 Wildcat, Sikorsky MH-60R Seahawk, dan NH Industries NH-90.

Sebelumnya, ROKN telah membeli delapan unit helikopter AW159 Wildcat buatan Leonardo pada 2013 silam. Kala itu AW159 mengalahkan MH-60R.

AL Korea Selatan, menurut GlobalFlight, tecatat memiliki 56 unit pesawat untuk misi antikapal selam maupun patroli maritim. Armada tersebut terdiri dari 8 AW159, 24 Lynx, 8 UH-60P, dan 16 P-3C Orion. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *