Lion Air Group Borong 50 Unit Pesawat Boeing 737 MAX 10

lion airLion Air Group

ANGKASAREVIEW.COM – Pengadaan Boeing 737 MAX merupakan wujud keseriusan Lion Air Group yang mempunyai program dalam menyediakan armada dengan mengandalkan pesawat generasi paling baru, modern, berteknologi tinggi dan berusia muda.

“Lion Air Group sangat senang menjadi pelanggan pertama yang melakukan pembelian versi terbaru Boeing 737 MAX 10. Pesawat ini memberikan keuntungan lebih karena memiliki tingkat efisiensi tinggi dari segi bahan bakar, biaya operasional dan sangat sesuai dengan perkembangan armada yang semakin canggih,” ujar Presiden sekaligus CEO Lion Air Group Edward Sirait saat acara penandatangan sertifikat pembelian 50 unit pesawat Boeing 737 MAX 10 di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Ia mengaku bangga dapat melanjutkan inovasi dan revitalisasi Lion Air Group dengan kembali mencatatkan tonggak sejarah di industri ini. Dengan pembelian ini, Lion Air Group kembali menjadi maskapai pertama yang menggunakan teknologi pesawat terbaru.

“Boeing 737 MAX adalah kombinasi sempurna dari jet lorong tunggal dan akan menjadi pesawat yang ideal seiring strategi pertumbuhan Lion Air Group. Boeing 737 MAX 10 akan melengkapi MAX 8 dan MAX 9 yang sudah kami operasikan,” imbuhnya.

Baginya, keluarga MAX akan memberikan solusi bagi Lion Air Group sejalan dengan ekspansi bisnis dan komitmen Lion Air Group dalam menyediakan layanan dengan mengedepankan kenyamanan tertinggi bagi pelanggan selama perjalanan udara, terutama di kawasan Asia Tenggara. “Kami akan terus memimpin pasar aviasi dengan kesungguhan memberikan yang terbaik,” tambahnya.

Sebelumnya, Thai Lion Air pada 29 Maret lalu merayakan kedatangan Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia. Pesawat beregistrasi HS-LSH mendarat mulus di Bandar Udara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand (DMK). Dengan mengoperasikan 737 MAX 9, grup ini telah meningkatkan kapasitas angkut (daya muat) penumpang dan kargo serta mendukung pembukaan beberapa rute baru regional maupun internasional.

Grup maskapai yang berbasis di beberapa negara kawasan Asia Tenggara ini juga menjadi operator pertama yang menambahkan Boeing 737 MAX 8 ke dalam layanan operasional. Lion Air Group memiliki pesanan tambahan 1.273 pesawat seri MAX, jumlah itu menjadikan Lion Air Group sebagai salah satu operator terbesar di dunia.

Baca Juga:

Boeing Serahterimakan 737 MAX 9 Pertama kepada Thai Lion Air

Gelontorkan Dana 13,4 Miliar Dolar AS, Lion Group Jadi Pengguna Mesin LEAP Terbesar di Dunia

“Kami bangga karena Lion Air Group sebagai salah satu maskapai yang paling inovatif dan tengah berkembang pesat ini kembali membuktikan kepercayaannya terhadap kami. Dengan 737 MAX 10, Lion Air akan memiliki serangkaian pilihan armada yang efisien dan andal untuk mengoptimalkan jaringannya dalam melayani pelanggan sekaligus meningkatkan keuntungan,” ungkap Dinesh Keskar, Senior Vice President, Asia Pacific & India Sales, Boeing Commercial Airplanes.

Boeing

Boeing 737 MAX adalah seri pesawat yang menawarkan konfirgurasi 130 hingga 230 tempat duduk dengan ketinggian jelajah mencapai 3.850 mil laut atau 7.130 kilometer. Pesawat jet ini dari segi aerodinamika didesain dan dilengkapi lekukan ujung sayap kembar (winglet) terbaru.

Untuk tenaga, 737 MAX didukung mesin CFM International LEAP-1B terbaru. Mesin ini diklaim mampu membuat kabin lebih senyap, polusi suara (noise) yang dihasilkan juga sudah diturunkan.

Pesawat ini juga dilengkapi interior Boeing Sky untuk meningkatkan kenyamanan tertinggi penumpang, tampilan panel dan ruang kokpit luas serta berbagai fitur lainnya yang menawarkan efisiensi, keandalan maksimal di kelas pesawat lorong tunggal.

Boeing 737 MAX 10 adalah jenis pesawat terluas di serinya. Fitur utama pesawat dengan panjang 43,8 meter (143 kaki) ini dapat membawa hingga 230 penumpang. Maskapai yang mengoperasikan akan mendapatkan biaya terendah setiap kursi per jarak tempuh (seat-mile cost) terendah di kelas pesawat berlorong tunggal.

Keluarga Boeing 737 MAX merupakan pesawat yang paling cepat terjual sepanjang sejarah Boeing, dengan akumulasi pemesanan mencapai 44.000 dari 96 pelanggan di seluruh dunia. (ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *