Oshkosh Defense Kebanjiran Pesanan Truk HEMTT Dari Timur Tengah

Oshkosh Defense

ANGKASAREVIEW.COM – Tanggal 16 Maret 2018 lalu, Departemen Pertahanan AS memberikan kontrak kepada Oshkosh Defense, divisi produk pertahanan Oshkosh Corp untuk menyediakan truk taktis kelas berat di bawah payung penjualan militer asing (FMS) senilai 15,3 juta dolar AS untuk Qatar dan Kuwait.

Biaya sebesar itu diperlukan untuk pembelian truk jenis HEMTT (Heavy Expanded Mobility Tactical Truck) berpenggerak 8×8 berikut paket pelatihannya.

Varian yang diakuisisi adalah M985A4 versi pengangkut rudal atau roket untuk MLRS, versi M977A4 kargo serbaguna, M984A4 wrecker (derek kelas berat) serta M983A4 sebagai truk penarik gandengan (traktor).

Pesanan kedua negara kecil Timur Tengah nan kaya tersebut harus sudah diserahkan hingga batas akhir waktu pada tanggal 31 Mei 2019 tahun depan. Adapun truk HEMTT yang dipesan adalah generasi terakhir dengan kode akhiran A4 yang mulai dikembangkan sejak tahun 2009.

Oshkosh Defense
Oshkosh Defense

Keluarga Oshkosh HEMTT generasi empat ini dilengkapi mesin diesel Caterpillar C15 kapasitas 15.200 cc berdaya 515 hp. Menggunakan transmisi Allison 4500SP dengan lima percepatan. Kecepatan maksimumnya 100 km/jam di jalan rata. Kapasitas tangki 587 liter solar bisa menjangkau jarak 483 km dengan muatan hingga 9.100 kg.

Truk HEMTT generasi pertama mulai dikembangkan tahun 1981 atas pesanan Angkatan darat AS sebagai truk taktis kelas berat mobilitas tinggi yang bisa beroperasi jarak jauh sebagai pengganti truk Caterpillar M520 Goer. Dalam kompetisi pengadaan proyek HEMTT ini Oshkosh berhasil menyingkirkan AM General dan PACCAR dari Amerika Serikat serta MAN dari Jerman.

Oshkosh Defense
Oshkosh DefenseOshko

Untuk mengoperasikan truk raksasa ini hanya dibutuhkan dua orang awak, kabinnya bisa dilengkapi kit anti proyektil LTAS. Sistem proteksi tambahan ini tahan terhadap tumbukan peluru kaliber 7,62mm atau serpihan dari fragmen artileri. Sebagai senjata pertahanan diri di atas atap bisa dipasangi senapan mesin kaliber 7,62mm atau 12,7mm.

Sejak diproduksi pertama tahun 1982, pabrik truk yang berlokasi di Oshkosh, Wisconsin ini telah menggelindingkan keluar pabrik sebanyak 27.000 unit HEMTT. Selain digunakan oleh AD dan Marinir (versi LVS) Amerika Serikat, keluarga HEMTT juga digunakan oleh militer di 13 negara lain yakni Israel, Yordania, Bahrain, Kuwait, Oman, Uni Emirat Arab, Arab saudi, Turki, Yunani, Maroko, Mesir, Korea Selatan dan Taiwan. RANGGA BASWARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *