Fantastis, Tiket Pesawat untuk Idul Fitri Bisa Melonjak Hingga 80%

Momen hari raya seperti Idul Fitri yang akan jatuh pada pertengahan Juni mendatang menjadi ajang berkumpul masyarakat dengan sanak saudara di kampung halaman. Sejak jauh hari masyarakat sudah berkompetisi untuk mendapatkan tiket penerbangan.

Tak ayal harga tiket pun melonjak tajam. Data dari Skyscanner menunjukkan, tahun lalu harga tiket penerbangan pada masa lebaran melonjak hingga 73%. Itu pun harga tiket menuju Jakarta.

Bagaimana dengan harga tiket yang menuju ke kota lain dari Jakarta?

Baca juga:
Skyscanner Tambah Fitur Hari Libur Khusus Indonesia
Khawatir Pesawat Delay? Tinggal Intip di Google Flight

Tiket menuju Bali disebutkan naik hingga 80%, Padang 74%, Palembang dan Malang naik hingga 79%. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini harga tiket pesawat untuk masa Idul Fitri juga akan naik di angka yang sama.

Senior Marketing Manager Skyscanner Indonesia Yulianto Bawan pun mengatakan, tahun ini pemudik harus memantau harga tiket penerbangan secara teliti.

“Masyarakat Indonesia biasanya sudah mulai memantau harga tiket pesawat untuk Lebaran sejak enam bulan sebelumnya, meskipun mayoritas baru melakukan pemesanan sekitar satu sampai dua bulan sebelum hari H. Mengingat adanya kenaikan harga yang signifikan serta keterbatasan tiket, kegiatan memantau tiket sejak jauh hari memang perlu,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (6/2/2018).

Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa tiket penerbangan untuk masa hari raya Idul Fitri sudah habis jauh hari sebelum hari keberangkatan. Penumpang biasanya sudah melakukan transaksi pembelian tiket rata-rata pada H-48, atau sekitar 1,5 bulan sebelum hari raya.

Untuk memudahkan calon penumpang dalam memilih tiket, Skyscanner menawarkan kemudahan dalam mencari informasi terkait penerbangan. Sistem Skyscanner akan melakukan survei ke semua maskapai dan menampilkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.

“Skyscanner punya fitur unggulan bernama ‘Info Harga’ yang sangat berguna untuk memantau tiket lebaran. Fitur ini bisa membantu Anda memantau pergerakan harga tiket ke destinasi dan pada tanggal tertentu,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *