Sambangi STPI Curug, Menhub Sebut 400 Pilot Sudah Bekerja

stpiArif Dipo

ANGKASAREVIEW.COM – Didampingi Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyembangi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Sabtu (24/2/2018).

Dalam kunjungan yang disambut Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM, Menhub berkesempatan menyapa 45 pilot ab initio STPI Curug yang sedang menjalani pendidikan kompetensi tambahan dan disiapkan untuk diserap maskapai komersial Lion Group.

Dihadapan 45 pilot ab initio STPI Menhub menerangkan bahwa satu tahun lalu ada sekitar 1.000 pilot ab initio dari beberapa sekolah penerbangan tanah air yang belum punya kesempatan kerja.

Meski telah sah menjadi seorang pilot pemula, mereka belum bisa bekerja di maskapai komersial lantaran kompetensi yang dimiliki selama menimba ilmu di sekolah penerbangan belum memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan maskapai sebagai end user.

Baca Juga:

Tinjau Pendidikan Pilot STPI Curug, Menhub Pakai Coverall dan Jajal Pesawat Latih

Gelar Program Padat Karya, Ditjen Hubud Gelontorkan Rp 300 Miliar

“Saya merasakan bagaimana (perasaan) orangtua yang membesarkan kalian, pasti cita-cita pilot itu sejak kalian kecil,” ungkap Menhub.

Hal itulah yang dasar keputusan Menhub untuk menutup tiga dari total 20 sekolah penerbangan. Menhub juga merencanakan untuk menggabung beberapa sekolah penerbangan yang ada saat ini dalam rangka efisiensi dan peningkatan kualitas pendidikan calon pilot.

Dari 1.000 pilot ab initio yang belum bekerja, Menhub menyebut 400 di antaranya kini telah bekerja. Sedangkan 600 pilot ab initio lainnya masih diupayakan untuk ditingkatkan kemampuan dan kompetensinya seperti yang dilakukan STPI Curug saat ini.

“Dari 600 itu, dipilih secara selektif, lalu kami sekolahkan,” tutur Budi.

stpiArif Dipo

Sebanyak 45 pilot ab initio menjalani pendidikan kompetensi tambahan yang berbeda secara gratis. 10 peserta dari angkatan 67 menjalani pendidikan type rating Airbus plus Airlines Transport Pilot License (ATPL) Ground dan 10 peserta angkatan 67 lainnya menyenyam type rating Boeing 737NG plus ATPL Ground. Sementara 25 peserta sisanya yang terdiri dari 20 peserta angkatan 65 dan 5 peserta angkatan 67 diberi pendidikan kompetensi multi engine plus ATPL Ground.

Dari 45 pilot ab initio tersebut, disebutkan bahwa sebanyak 20 orang sudah dipastikan bekerja karena direkrut oleh Lion Air Group. Sebelumnya, pada 19 Februari lalu STPI Curug dan Lion Group telah menandatangani MoU untuk penyerapan lulusannya dan disaksikan oleh Ketua Komisi V DPR RI, Kepala BPSDM Perhubungan dan Kepala PPSDM Perhubungan.

Alhamdulillah 20 sudah diterima, nanti yang lain kami minta kepada mereka (maskapai),” tutup Menhub. (ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *