Wow, Ini Penampakan Pesawat ELINT Terbaru Jepang

Kawasaki

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat jenis Electronic Intelligence (ELINT) terbaru Angkatan Udara Bela Diri (JASDF) tertangkap kamera pekan ini saat menjalani uji di Pangkalan Udara Gifu, Jepang. Pesawat yang dinamai RC-2 ini dibuat menggunakan basis pesawat angkut Kawasaki C-2.

Di badannya penuh tonjolan mulai dari atas kepala, samping, belakang hingga ujung ekornya yang tak lain adalah tempat peralatan optik dan elektronik mutakhir serta sistem radar.

Pesawat uji RC-2 dikembangkan memanfaatkan prototipe kedua dari Kawasaki XC-2 (cn 18-1202). RC-2 dirancang untuk mengumpulkan intelijen elektronik dan misi pengintaian jarak jauh dengan endurance yang panjang.

Baca juga: Bikin Kejutan Lagi, Iran Luncurkan UCAV Terbaru Mohajer-6

Pesawat berbadan tambun ini didukung dua mesin turbofan General Electric CF6-80C2K dan dilengkapi dengan full glass cockpit, kontrol penerbangan fly-by-wire, sistem navigasi presisi tinggi, serta sistem perlindungan diri.

RC-2 didapuk untuk menggantikan pesawat gaek dengan peran serupa yakni NAMC YS-11E bermesin turboprop buatan tahun 1970-an.

Saat ini Skadron Perang Elektronik JASDF yang berbasis di Iruma, Saitama sebelah utara Tokyo mengoperasikan sebanyak dua unit YS-11EA Electronic Warfare, empat YS-11EB ELINT, dan dua EC-1 berbasis pesawat angkut jet kawasaki C-1.

Baca juga: Jepang Jadi Pengguna Pertama Tanker KC-46 di Luar Amerika Serikat

Sekilas tentang EC-1, pabrik pesawat Kawasaki mulai membangun pesawat untuk latihan ECM ini pada Maret 1983.

EC-1 dilengkapi peralatan elektronik buatan lokal berupa TRDI/Mitsubishi Electric XJ/ALQ-5 ECM system. Terbang perdana pada tanggal 3 Desember 1984 dan menjalani evaluasi selama dua tahun penuh sebelum diserahkan ke Unit Pelatihan Perang Elektronik JASDF tahun 1986. RANGGA BASWARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *