Resmi Beroperasi, KA Bandara Soekarno-Hatta Mulai Layani Masyarakat Umum

ka bandaraBeritatras

ANGKASAREVIEW.COM – Tepat pukul 03.47 hari ini (Selasa, 26/12/2017), Kereta (KA) Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berangkat dari Stasiun Sudirman Baru (BNI City) telah resmi beroperasi untuk melayani masyarakat umum.

KA Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki total 10 rangkaian (total kapasitas 272 penumpang) ini dapat beroperasi setelah dilakukan serangkaian uji coba dan evaluasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Rencana operasional KA bandara ini dimulai pukul 03.21 – 22.51 WIB setiap harinya dengan total 42 perjalanan pp yang memiliki durasi perjalanan tempuh sekitar 55 menit.

Kemenhub telah menetapkan dan memberlakukan tarif promo mulai hari ini hingg 1 Januari 2018 seharga Rp 30ribu. Namun per 2 Januari 2018 akan berlaku tarif normal sebesar Rp 70ribu yang nantinya tarif tersebut berlaku untuk seluruh stasiun yang melayani tujuan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sistem pembayaran cashless (non tunai).

Rute KA Bandara ini akan melewati Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman baru (BNI City) – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Soekarno-Hatta, dan begitupun sebaliknya dari arah bandara. Namun, untuk tahap awal, KA bandara baru melayani naik turun penumpang dari 3 stasiun, yakni Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Fasilitas penunjang lainnya yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mobilitas perpindahan antar teminal setelah tiba di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Sky Train atau Kereta Layang (KALAYANG).

Sky Train di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai hari ini akan beroperasi selama 20 jam sehari, yakni mulai pukul 04.27 – 00.17 WIB. Waktu tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KA bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sedangkan 4 jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance dan istirahat.

“KA bandara dan KALAYANG merupakan inovasi layanan kami dalam memberikan kepastian, kecepatan, dan kenyamanan penumpang saat tiba di Soekarno-Hatta. Kami berharap dengan adanya fasilitas-fasilitas baru ini dapat mengantarkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia yang masuk di jajaran Skytrax bintang 5,” tutur President Director PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya yang Angkasa Review terima hari ini.

Ia menamnahkan, AP II akan melanjutkan pembangunan KALAYANG tahap II untuk dapat menyambungkan keseluruhan area bandara. Saat ini KALAYANG baru terhubung dengan jalur terminal 1, terminal 2, Integrated Building dan terminal 3.

“Nantinya terhubung dengan terminal 4 serta Sky Hub (commercial area) dan menuju kembali ke terminal 3 mengelilingi Bandara Soekarno-Hatta,” pungkasnya. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *