Selenggarakan Angkutan Nataru, Ini Top 5 Destination AP II Tahun Ini

bandaraFery Setiawan

ANGKASAREVIEW.COM – Sejak H-7 hingga H-2 libur natal 2017 dan tahun baru 2018 (nataru 2017/2018), PT Angkasa Pura II (AP II) telah melayani 2,1 juta penumpang hingga. Dari jumlah tersebut, terdapat ‘Top 5 Destination’ baik destinasi domestik maupun internasional pada angkutan nataru tahun ini.

Top 5 Destination untuk destinasi domestik adalah Kualanamu, Makasar, Denpasar, Surabaya dan Yogyakarta, sementara untuk destinasi internasional adalah Singapura, Kuala Lumpur, Incheon, Hongkong dan Bangkok.

Selain itu, terdapat 3 Bandara yang mempunyai pertumbuhan terbesar pada angkutan nataru tahun ini, yakni Bandara Silangit sebesar 66,5%, Tanjung Pinang sebesar 53,9% dan juga Bandara Pontianak sebesar 22,6%.

AP II mengalami peningkatan jumlah penumpang sekitar 7,5% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar 1,88 juta penumpang.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengungkapkan, sepanjang angkutan natal dan tahun baru kali ini, lonjakan penumpang terjadi pada H-3 atau 22 Desember 2017 sebanyak 371.047 penumpang. Adanya peningkatan jumlah penumpang yang terjadi di 13 cabang, didukung oleh adanya extra flight yang diajukan oleh maskapai.

“Tahun ini, ada sekitar 1.158 tambahan penerbangan yang terdiri dari 1.134 penerbangan domestik dan 24 penerbangan internasional. Dengan pengajuan terbesar departure (keberangkatan) dan arrival (tiba) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” papar Awal dalam keterangan resminya yang Angkasa Review terima, Senin (25/12/2017).

Penerbangan tambahan juga terdapat di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma sebanyak 6 kali pp, Bandara Depati Amir Psngkal Pinang sebanyak 3 kali pp, Bandara Internasional Minangkabau 1 kali pp rute internasional, Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang 1 kali pp, Bandara Internasional Supadio Pontianak 4 kali pp.

Di samping itu, pergerakan pesawat mengalami peningkatan sekitar 8% dibandingkan tahun lalu, yakni dari 12.750 pergerakan pesawat menjadi 13.783. Sedangkan untuk extra flight mengalami kenaikan sekitar 25% dari 213 penerbangan di tahun lalu menjadi 289 penerbangan.

Awal mengatakan, meskipun terjadi peningkatan yang cukup signifikan, ketepatan waktu penerbangan (on time performance/OTP) selama masa angkutan nataru kali ini, hingga H-2 sudah mencapai 97,24%.

Untuk mengakomodir informasi penerbangan selama angkutan nataru, AP II menyediakan tiga posko di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yakni di Terminal 1B, Terminal 2F serta Terminal 3.

Adanya posko-posko tersebut diharapkan dapat merespon secara cepat berbagai bantuan yang dibutuhkan pesawat atau stakeholder lainnya. Posko-posko ini dilengkapi dengan data traffic pergerakan penumpang di bandara, data extra flight, serta layar untuk monitoring CCTV dan video conference yang digunakan untuk koordinasi bersama 12 bandara lain. FERY SETIAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *