Sukses! M-346 Luncurkan Rudal AIM-9L Sidewinder

Leonardo

ANGKASAREVIEW.COM – Jet latih Leonardo M-346 Master sukses melakukan uji coba peluncuran rudal udara ke udara AIM-9L Sidewinder buatan Raytheon.

Uji coba peluncuran dilaksanakan di fasilitas latihan Salto di Quirra milik Kementerian Pertahanan Italia di lepas pantai Sardinia.

Pihak Leonardo sebagaimana diberitakan Flightglobal menyatakan, hasil analisis awal uji coba tersebut menunjukkan bahwa sistem telah bekerja dengan baik seperti diperkirakan.

Leonardo
AIM-9L diluncurkan dari gantungan rudal di bawah sayap M-346 pada ketiggian 5.000 kaki dengan kecepatan Mach 0,8. Tidak disebutkan, kapan uji coba itu dilaksanakan.

Sebelumnya, pada penyelenggaraan Farnborough Air Show tahun lalu, Leonardo telah mengenalkan jet M-346 varian dual role di mana pesawat dapat digunakan untuk latihan maupun operasi tempur.

Pesawat yang diber kode M-346FT (Fighter Trainer) itu dilengkapi lima cantelan senjata serta sistem datalink taktis terbaru.

M-346FT dapat membawa beragam senjata mulai dari GBU-12, GBU-49 LGB, GBU-38 JDAM, Small Diameter Bomb (SDB), Iris-T, hingga AIM-9L. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *